ANALISIS PROSES BERNALAR SISWA TINGKAT SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBANTUAN LKS TERBIMBING DI SMPN 1 KARANGPLOSO
Main Author: | PRIMANTARI, YULIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/39685/1/jiptummpp-gdl-yuliaprima-53566-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/39685/2/jiptummpp-gdl-yuliaprima-53566-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/39685/3/jiptummpp-gdl-yuliaprima-53566-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39685/4/jiptummpp-gdl-yuliaprima-53566-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/39685/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa kelas VIII-D SMPN 1 Karangploso dalam memecahkan masalah matematika. Untuk dapat mencapai kemampuan penalaran yang baik pada mata pelajaran matematika, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan bahan ajar yaitu LKS Terbimbing. LKS Terbimbing yang dimaksud adalah LKS yang berdasarkan pada metode penemuan terbimbing.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses bernalar matematika siswa kelas VIII-D SMPN 1 Karangploso dalam memecahkan masalah yang diajarkan dengan berbantuan LKS terbimbing. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek yaitu siswa kelas VIII-D SMPN 1 Karangploso sebanyak 34 siswa. Data diperoleh dari pemberian LKS Terbimbing, Tes, dan Wawancara. Hasil penelitian proses bernalar siswa ini menunjukkan bahwa (1) menyajikan pernyataan matematika, dengan menggunakan LKS Terbimbing siswa mampu menyajikan pernyataan matematika dengan benar sedangkan pada tes siswa hanya mampu menyelesaikan masalah pada tahap melaksanakan rencana, tahap menafsirkan kembali hasilnya belum tampak; (2) mengajukan dugaan, dengan menggunakan LKS Terbimbing siswa dapat menentukan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal serta dapat menentukan strategi penyelesaian soal dengan benar sedangkan pada tes siswa hanya mampu melaksanakan sampai tahap membuat rencana penyelesaian dan pada tahap melaksanakan rencana serta menafsirkan kembali hasilnya masih belum tampak; (3)melakukan manipulasi, dengan menggunakan LKS Terbimbing siswa dapat mengerjakan soal menggunakan konsep matematika yang relevan serta melakukan perhitungan sampai selesai dan memperoleh hasil yang benar sedangkan pada tes siswahanya mampu melaksanakan rencana penyelesaian; (4) menyimpulkan, dengan menggunakan LKS Terbimbing siswa mampu menarik kesimpulan dari kegiatan yang dilakukan sedangkan pada tes siswa belum melakukan kesimpulan dengan baik, siswa tidak menarik kesimpulan dari jawaban yang diperoleh, mereka hanya selesai sampai perhitungan akhir tanpa memberikan kesimpulan atas jawaban yang diperoleh.