MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS TAUHID (Studi Kasus di SMP Ar-Rohmah Putri Boarding School Malang)
Main Author: | Mawardiyanti, Indri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/38951/1/NASKAH..pdf http://eprints.umm.ac.id/38951/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan berbasis tauhid sebagai basis pengembangan kurikulum berbasis tauhid di SMP Ar-Rohmah Putri Boarding School Malang. atas dasar itulah, penelitian ini difokuskan pada landasan filosofis pengembangan kurikulum serta manajemen kurikulum yang merujuk pada konsep pendidikan berbasia tauhid di SMP Ar-Rohmah Putri Boarding School. Dengan tujuan mendeskripsikan fokus dari penelitian.Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasalkan hadil penelitian ditemukan bahwa pengembangan kurikulum di SMP Ar-Rohmah merujuk pada sismatika wahyu yang membentuk konsep pendidikan berbasis tauhid. Konsep pendidikan berbasis tauhid dalam tipologi filsafat pendidikan islam termasuk dalam tipologi rekonstruksi sosial berbasis tauhid. Manajemen kurikulum yang dilaksanakan meliputi proses perencanaan (merumuskan visi misi dan tujuan), pengorganisasian (integrasi agama dan sains), penerapan (memasukkan nilai-nilai ketauhidan dan pandangan-pandangan islam kedalam mata pelajaran) dan pengevaluasian (evaluasi adab).