PENGARUH SUASANA TOKO, PROMOSI PENJUALAN, DAN AVAILABILITY OF MONEY TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Pada Konsumen Hypermart Malang Town Square)

Main Author: Sulistyanto, Muhammad Afrizal Isnain
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/38671/1/jiptummpp-gdl-muhammadaf-49225-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38671/2/jiptummpp-gdl-muhammadaf-49225-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38671/3/jiptummpp-gdl-muhammadaf-49225-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38671/4/jiptummpp-gdl-muhammadaf-49225-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38671/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh suasana toko, promosi penjualan, dan availability of money secara parsial terhadap impulse buying pada Hypermart Malang Town Square. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang berbelanja atau pernah berbelanja di Hypermart Malang Town Square dengan jumlah sampel penelitian ini yaitu sebanyak 105 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa suasana toko berpengaruh positif namun tidak signifikan, sedangkan promosi penjualan dan availability of money berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap impulse buying pada Hypermart Malang Town Square, serta availability of money mempunyai pengaruh terbesar. Artinya dengan semakin baik promosi penjualan dan availability of money yang tinggi maka impulse buying akan mengalami peningkatan. Sedangkan meskipun suasana toko bagus, tidak serta merta menyebabkan impulse buying bagi konsumen Hypermart Malang Town Square, karena konsumen lebih mempertimbangkan faktor lain yang berhubungan dengan produk seperti promosi, harga ataupun kebutuhan atas produk tersebut, ketimbang suasana toko saat itu.