PENGARUH POTONGAN HARGA DAN NILAI HEDONIK TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (Studi Pada Konsumen Matahari Departement Store Lippo Plaza Sidoarjo)

Main Author: MEIS, RAISYA GHORBYANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/38247/1/jiptummpp-gdl-pausi-47804-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38247/2/jiptummpp-gdl-pausi-47804-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38247/3/jiptummpp-gdl-pausi-47804-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38247/4/jiptummpp-gdl-pausi-47804-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38247/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya variabel potongan harga dan nilai hedonik untuk menguji pengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana pada Matahari Department Store Lippo Plaza Sidoarjo dan untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh diantara potongan harga dan nilai hedonik terhadap pembelian tidak terencana. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) yang diukur dengan skala likert dengan jumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan explanatory research. Populasi pada penelitian ini adalah para konsumen Matahari Department Store Lippo Plaza Sidoarjo, sampel dalam penelitian yaitu berusia lebih dari 17 tahun dan baru saja bertransaksi. Melalui uji parsial (uji t) dari penelitian ini diperoleh bahwa variabel potongan harga berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana, nilai hedonik perpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana sebesar 43,4% sedangkan sisanya sebesar 56,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Untuk menguji variabel yang dominan peneliti menggunakan standardized coefficient. Variabel yang dominan dalam penelitian ini adalah potongan harga dengan nilai sebesar 0,179 yang mempunya nilai paling besar dibanding variabel nilai hedonik.