PENGARUH SUASANA TOKO DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (Studi Kasus Pada Konsumen Superindo Hipermarket Malang)

Main Author: PUTRA, FAKHRI RYAN CAHYANTO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/38102/1/jiptummpp-gdl-fakhriryan-48206-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38102/2/jiptummpp-gdl-fakhriryan-48206-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38102/3/jiptummpp-gdl-fakhriryan-48206-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38102/4/jiptummpp-gdl-fakhriryan-48206-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/38102/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya ritel modern di Indonesia. Bermunculannya usaha-usaha ritel baru membuat persaingan semakin ketat. Ada sebuah survey mengenai perilaku konsumen di ritel modern bahwa sebagian besar konsumen ritel modern di berbagai kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya sering melakukan pembelian tidak terencana ketika berbelanja di toko ritel modern. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui secara empiris apakah suasana toko dan promosi penjualan berpengaruh terhadap pembelian tidak terencana pada konsumen Superindo Hipermarket Malang. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang berisi 14 butir pernyataan yang disebarkan kepada 100 responden dengan pernyataan-pernyataan yang telah disesuaikan dengan variabel-variabel yang ingin diteliti yaitu suasana toko dan promosi penjualan terhadap pembelian tidak terencana. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling dengan metode analisis menggunakan uji regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, Uji F dan uji dominan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka kedua variabel baik suasana toko maupun promosi penjualan berpengaruh secara parisal maupun simultan terhadap pembelian tidak terencana. Variabel suasana toko berpengaruh positif sebesar 0.513 dengan taraf signifikansi 0.000, variabel promosi penjualan berpengaruh positif sebesar 0.427 dengan taraf signifikansi 0.000. Koefisien determinasi R2 dari kedua variabel tersebut adalah 60.5 %, Dengan demikian berarti bahwa model regresi yang digunakan mampu menjelaskan pengaruh variabel suasana toko dan promosi penjualan terhadap pembelian tidak terencana sebesar 60.5 % sedangkan sisanya sebesar 39.5 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini.