Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dimensi kepribadian The Big Five Personality baik secara bersama-sama maupun individu terhadap kinerja karyawan serta untuk mengetahui diantara dimensi kepribadian tersebut yang lebih dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Teller PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Purwokerto yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat analisis yang digunakan adalah rentang skala dan regresi linier berganda. Hasil analisis rentang skala menunjukkan bahwa kinerja karyawan dalam kategori cukup, (keterbukaan terhadap lingkungan social dan fisik) yang tinggi, (stabilitas emosi) yang cukup, (kesetujuan) yang tinggi, (pengaturan diri) yang tinggi, dan (keterbukaan terhadap pengalaman) yang tinggi. Keterbukaan terhadap lingkungan social dan fisik, stabilitas emosional, kesetujuan, pengaturan diri, dan keterbukaan terhadap pengalaman secara bersama-sama (simultan) dan individu (parsial) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan bagian teller PT. Bank Mandiri (Persero). Pengaturan diri lebih berpengaruh terhadap kinerja karyawan.