IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Kabupaten Jombang)
Main Author: | RAHMAWATI, AYU PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37713/1/jiptummpp-gdl-ayuputrira-47913-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37713/2/jiptummpp-gdl-ayuputrira-47913-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37713/3/jiptummpp-gdl-ayuputrira-47913-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37713/4/jiptummpp-gdl-ayuputrira-47913-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37713/ |
Daftar Isi:
- Warga Binaan Pemasyarakatan adalah orang yang tersesat yang memerlukan pembinaan agar menjadi manusia yang lebih baik dan taat terhadap hukum. Disinilah peran Lembaga Pemasyarakatan menjadi sangat penting, terutama dalam hal pendidikan dan pengajaran. Pendidikan dan pengajaran berguna bagi berkembangnya kesadaran para warga binaan untuk menjalani hidup yang lebih baik serta berwawasan luas dan berpendidikan seperti masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan hak Warga Binaan untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran di LP Klas II B Jombang dan mengetahui faktor-faktor yang menghambat pemenuhan hak Warga Binaan untuk mendapatan pendidikan dan pengajaran di LP Jombang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lapangan dan sumber data sekunder dari studi kepustakaan dan peraturan perundang-undangan dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan Responden/sampel yang berasal dari petugas LP dan para warga binaan dan observasi langsung ke lokasi penelitian di LP Jombang. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian Pelaksanaaan pendidikan dan pengajaran yang diberikan kepada Warga Binaan di LP Jombang dilaksanakan melalui pembimbingan dan pelatihan. Melalui program pembimbingan yaitu meliputi pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan jasmani dan kesehatan, pendidikan kesenian, serta pendidikan bahasa indonesia dan matematika. Sementara program pelatihan yang diberikan berupa pendidikan keterampilan jahit menjahit, dan pendidikan keterampilan pertukangan. Dalam pelaksanaan proses pendidikan dan pengajaran terdapat beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaannya, antara lain terkait sarana dan prasarana LP belum memadai, alokasi anggaran yang minim pelaksanaan pembinaan yang tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan, terkait aspek pegawai/tenaga pendidik yang tidak seimbang dengan jumlah warga binaan serta kurangnya mitra kerja.