PERANAN UNICEF DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK DI TIMOR LESTE
Main Author: | Oliveira, Dedi Julio Cesar Guterres De |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37693/1/jiptummpp-gdl-dedijulioc-50947-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37693/2/jiptummpp-gdl-dedijulioc-50947-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37693/3/jiptummpp-gdl-dedijulioc-50947-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37693/4/jiptummpp-gdl-dedijulioc-50947-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37693/ |
Daftar Isi:
- Masalah pendidikan yang dihadapi oleh anak-anak di Timor Leste merupakan masalah yang serius, dikarenakan yang ingin mengenal ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan hanyalah anak pejabat administrasi dan anak-anak dari keturunan raja, sedangkan bagi orang biasa pendidikan harus dibatasi. Permasalahan pendidikan terus berlanjut hingga Timor Leste menggapai kemerdekaannya pada tahun 1999, namun kemerdekaan Timor Leste mengakibatkan konflik, sehingga banyak bangunan yang hancur termasuk gedung sekolah dan sarana pendidikan lainnya. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini akan mendeskripsikan mengenai peranan UNICEF dalam mengembangkan pendidikan anak-anak di Timor Leste, dengan menggunakan metode deskriptif analitis berdasarkan konsep organisasi internasional, menurut Daniel S. Cheever dan H. Field Haviland Jr dan definisi dari Clive Archer. Hasil penelitian menunjukkan peranan UNICEF dari tahun 2002-2016, sebagai arena karena UNICEF melakukan kerjasama dengan pemerintah Timor Leste, dengan organisasi nasional maupun organisasi internasional lainnya, adapun hasil dari kerjasama dimana UNICEF berhasil merehabilitasi dan membangun gedung sekolah, melakukan peningkatan di bidang nutrisi dan kesehatan melalui pemberian makanan dan vaksin di sekolah, melatih dan mendatangkan tenaga pendidik, serta menyediakan sarana WASH bagi pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak di Timor Leste, sehingga pendidikan dapat berkembang dari tahun ke tahun.