Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguraikan fenomena fashion hijab yang mempunyai pengaruh besar dalam membranding Indonesia dalam dunia Internasional. Melalui dukungan pemerintah dan aktor-aktor non state, fashion hijab telah mampu membranding Indonesia ke dunia Internasional sebagai negara industri di bidang muslim fashion khususnya fashion hijab. Ruang lingkup penelitian ini penulis batasi dari tahun 2010 hingga 2015 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang diananlisa menggunakan metode kualitatif. Penulis menggunakan konsep nation branding dan konsep feminisme Islam sebagai alat analisa dalam penelitian Ini. Guna melengkapi analisis kasus, penulis juga melengkapi penelitian ini dengan data-data sekunder yang berupa data pustaka. Berdasarkan analisis dan data-data pustaka yang penulis dapatkan, menunjukkan bahwa fashion hijab telah mampu membranding Indonesia sebagai negara industri muslim fashion dunia. Pemerintah telah melakukan strategi dalam mengaktualisasikan fashion hijab dengan program pengembangan fashion yang diarahkan pada penciptaan nilai tambah produk melalui peningkatan kualitas dan desain produk fashion, peningkatan capacity building melalui workshop desain, serta peningkatan jejaring bisnis berkelanjutan bagi pelaku fashion dengan para buyer, baik di dalam maupun luar negeri. Pemerintah juga terus melakukan program program promosi, baik di dalam maupun di luar negeri yang juga melibatkan para penggiat fashion hijab Indonesia.