PENERAPAN AUGMENTED REALITY MARKERLESS PADA APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGENALAN GEDUNG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Main Author: | Rathami, Gustiar Ahmed |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37602/1/jiptummpp-gdl-gustiarahm-47793-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37602/2/jiptummpp-gdl-gustiarahm-47793-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37602/3/jiptummpp-gdl-gustiarahm-47793-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37602/4/jiptummpp-gdl-gustiarahm-47793-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37602/ |
Daftar Isi:
- Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukan objeck virtual 3D/2D kegalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini menggunakan teknologi Augmented Reality Markerless sebagai media pengenalan gedung di kampus 3 UMM. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Unity3D dengan bahasa pemrograman C#. aplikasi ini berjalan pada platform mobile android, dimana aplikasi ini memerlukan kamera smartphone sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi akan melacak marker dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi, model 2D button informasi gedung dan nama gedung akan muncul sebagai papan informasi. Proses pengujian yang dilakukan pada aplikasi ini menggunakan metode blackbox testing yang digunakan untuk melihat kinerja dari aplikasi.metode ini hanya terfokus pada output yang dihasilkan oleh perangkat lunak dalam menanggapi input yang dilakukan.