USULAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE SWOT DAN TOPSIS (Studi Kasus Take Mie Cafe)
Main Author: | PAWATA, CHANDRA SAPUTRA AS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37579/1/jiptummpp-gdl-chandrasap-50589-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37579/2/jiptummpp-gdl-chandrasap-50589-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37579/3/jiptummpp-gdl-chandrasap-50589-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37579/4/jiptummpp-gdl-chandrasap-50589-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37579/ |
Daftar Isi:
- Pemasaran merupakan kegiatan penting bagi individu atau kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Tujuan utama pemasaran bagi perusahaan adalah profit atau keuntungan. CV. X adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kuliner. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah terjadinya stagnasi pada penjualan produknya, sehingga perusahaan harus memilih strategi pemasaran yang tepat dengan mempertimbangkan kondisi internal dan eksternalnya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk melakukan identifikasi faktor dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan, sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk melakukan perangkingan alternatif strategi pemasaran sehingga diketahui alternatif yang terbaik dan ideal. Berdasarkan analisis SWOT diperoleh tiga alternatif strategi pemasaran yaitu, menjaga kualitas produk dan pelayanan terhadap dengan nilai preferensi 0.571324, memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan melalui via online dengan nilai preferensi 0.544705 dan mempertahankan porsi produk yang sesuai dengan harga terjangkau dengan menjalin hubungan baik kepada supplier agar mendapatkan bahan baku murah dengan nilai preferensi 0.443467.