Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas III SDN Tegalgondo Malang
Main Author: | WIJAYA, VANGGA ADI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37261/1/jiptummpp-gdl-vanggaadiw-51148-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37261/2/jiptummpp-gdl-vanggaadiw-51148-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37261/3/jiptummpp-gdl-vanggaadiw-51148-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37261/4/jiptummpp-gdl-vanggaadiw-51148-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37261/ |
Daftar Isi:
- Dalam pembelajaran di sekolah, Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki ilmu untuk mendisiplinkan siswa dari segi ketaatan, ketertiban dan tangggung jawab. pada kenyataannya bahwa SDN Tegalgondo Malang merupakan salah satu sekolah dasar yang selalu menerapkan kedisiplinan belajar kepada siswa di dalam setiap pembelajaran, seperti mengarahkan ketika masuk kelas, mengkondisikan ketika pelajaran dimulai, serta menegur kepada siswa yang sulit untuk disiplin pada kenyataan di lapang menunjukkan siswa yang kurang tertib dan patuh akan aturan yang ada dengan di tunjukkan siswa yang masih keluar masuk kelas ketika pembelajaran dan tugas yang belum diselesaikan dengan baik. Masalah penelitian ini adalah apakah kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar PKn?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kedisiplinan dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa di kelas III SDN tegalgondo Malang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sebagai sumber data, adalah siswa kelas 3 SDN Tegalgondo Malang dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumen. Penelitian ini dilakukan pada bulan 31 Agustus 2017. Data yang telah di dapat di olah menggunakan bantuan program SPSS dengan uji deskripsi statistik sebagai analisis data angket dan nilai hasil belajar siswa, uji hipotesis sebagai analisis dugaan hasil penelitian, dan uji regresi sederhana sebagai analisis pengaruh antara kedisiplinan siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan (1) kondisi Kedisiplinan siswa dalam kategori baik, (2) kondisi hasil belajar siswa dari 17 siswa terdapat 8 siswa dengan presentase 47% tuntas memenuhi KKM dalam belajar dan 9 siswa dengan presentase 53% belum tuntas dalam memenuhi KKM belajar, (3) terdapat pengaruh antara kedisiplinan (X) terhadap hasil belajar (Y) yang mana ditunjukkan presentase kedisiplinan siswa sebesar 76,41 dan termasuk kategori baik dan terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar PKn kelas III SDN Tegalgoondo Malang dengan 52,5% di pengaruhi dan 47,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.