INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI ADIWIYATA DI SDN PURWANTORO 1 MALANG
Main Author: | HANDOKO, HANDOKO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37251/1/jiptummpp-gdl-handoko201-51158-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37251/2/jiptummpp-gdl-handoko201-51158-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37251/3/jiptummpp-gdl-handoko201-51158-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37251/4/jiptummpp-gdl-handoko201-51158-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37251/ |
Daftar Isi:
- SDN Purwantoro 1 malang sekolah yang memiliki komitmen besar akan penanaman nilai karakter peduli lingkungan hidup untuk masyarakat khusunya siswa dan siswi di lingkungan sekolah. Sekolah dasar tersebut terbukti dengan memperolehkannya banyak prestasi serta penghargaan diantaranya pada tahun 2011; sekolah adiwiyata propinsi dan Nasional, 2012; IGA kategori Green School, 2013; sekolah Adiwiyata Mandiri, 2015; juara 1 tingat propinsi Jawa Timur dalam LLPS dan masih banyak yang lainnya. Prestasi yang diraih oleh SDN Purwantoro 1 Malang, menunjukkan perjuangan sekolah ini untuk terus berkomitmen dalam mendidik generasi penerus yang berbudaya dan peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih kepala sekolah, koordinator adiwiyata, guru kelas dan dipilih siswa kelas IV SDN Purwantoro 1 Malang, yang beralamat di Kecamatan Blimbing Kota Malang. Sebagai satu-satunya instrumen penelitian, peneliti membutuhkan alat bantu penelitian yaitu: lembar pedoman observasi, pedoman wawancara, dan panduan dokumentasi. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: pra-lapang, kegiatan kelapangan, dan kegiatan intensif (analisis data). Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran guru dalam menanamkan nilai- nial pendidikan karakter sangat efektif dan progresif. (2) Pelaksanaan program adiwiyata di SDN Purwantoro 1 malang yang pertama terintegrasi dengan mata pelajaran yang kedua memulai Pelaksanaan dengan pembiasaan prilaku anak- anak, tentunya dalam hal ini kurikulum yang dipakai didalamnya yang berwawasan lingkungan, karena hakikatnya sekolah adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan. (3) SDN Purwantoro 1 Malang sudah mendapatkan beberapa prestasi atau penghargaan dari tingkat regional maupun nasional, dalam pencapaian program adiwiyata mandiri berbagai perlombaan serta kegiatan yang dilakukan ditingkat kota, provinsi bahkan nasional selalu diikuti.