PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SUB TEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS III SDN TLOGOMAS 01 MALANG
Main Author: | RIF'AH, FENY FATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37250/1/jiptummpp-gdl-fenyfatulr-51159-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37250/2/jiptummpp-gdl-fenyfatulr-51159-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37250/3/jiptummpp-gdl-fenyfatulr-51159-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37250/4/jiptummpp-gdl-fenyfatulr-51159-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37250/ |
Daftar Isi:
- Pada kenyataannya hasil belajar tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan pada siswa kelas III SDN Tlogomas 01 Malang masih cukup rendah, sehingga perlu adanya peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan sub tema perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas III SDN Tlogomas 01 Malang; 2) peningkatan aktivitas belajar model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan sub tema perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas III SDN Tlogomas 01 Malang; 3) peningkatan hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan sub tema perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas III SDN Tlogomas 01 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan 2 siklus, dengan 2 kali pertemuan setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan peneliti menyiapkan perangkat pembelajaran, tahap tindakan dimulai dengan pra pembelajaran hingga kegiatan akhir pembelajaran, tahap pengamatan dilakukan pengamatan untuk aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan yang terakhir adalah tahap refleksi yang dilakukan untuk mengetahui kekurangan pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I hari pertama dan kedua memperoleh 43,75% dan 53,12%, pada siklus II hari pertama dan kedua memperoleh 68,75% dan 85,93%. Hasil belajar afektif siklus I mendapatkan persentase ketuntasan belajar siswa sebanyak 65%, sedangkan pada siklus II mendapatkan persentase ketuntasan belajar siswa sebanyak 85%. Hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata sebesar 72. Pada siklus II hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 85% dengan nilai rata-rata sebesar 85. Peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan sub tema perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas III SDN Tlogomas 01 Malang.