PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN JATIMULYO 01 KOTA MALANG
Main Author: | FUADATI, CHOIDAR ROHMI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37220/1/jiptummpp-gdl-choidarroh-49400-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37220/2/jiptummpp-gdl-choidarroh-49400-2-1babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37220/3/jiptummpp-gdl-choidarroh-49400-3-2babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37220/4/jiptummpp-gdl-choidarroh-49400-4-3babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37220/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pada kenyataan bahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran tematik pada tema 8 sub tema 1 pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di SDN Jatimulyo 01 Kota Malang yang masih tergolong rendah, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui penggunaan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran scramble pada pembelajaran tematik, dan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran scramble pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Jatimulyo 01 Kota Malang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran scramble pada pembelajaran tematik di SDN Jatimulyo 01 Kota Malang membuat siswa semakin aktif saat bekerja sama dengan kelompok sehingga kegiatan pembelajaran menjadi bermakna. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai aktifitas siswa dari 60% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa saat penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai hasil belajar siswa. Nilai hasil belajar siswa pada aspek kognitif yaitu 44% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Nilai hasil belajar siswa pada aspek afektif yaitu 32% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Nilai hasil belajar siswa pada aspek psikomotor yaitu 60% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran scramble pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema 8 sub tema 1 pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di SDN Jatimulyo 01 Kota Malang.