PENGEMBANGAN MEDIA "ULTAPERLINGA" PADA MATA PELAJARAN IPA PERUBAHAN LINGKUNGAN PADA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LEBAK BAWEAN KAB.GRESIK
Main Author: | NURHIDAYANTI, NURHIDAYANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37183/1/jiptummpp-gdl-nurhidayan-51760-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37183/2/jiptummpp-gdl-nurhidayan-51760-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37183/4/jiptummpp-gdl-nurhidayan-51760-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37183/3/jiptummpp-gdl-nurhidayan-51760-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37183/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan Analisis kebutukan Kegiatan pembelajaran IPA dikemas dengan sebuah media permainan yang bervariatif dapat membuat siswa aktif untuk mengikuti dan berpartisipasi langsung dalam pembelajaran. Permainan yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu permainan ular tangga perubahan lingkungan "ulta Perling". Ular tangga merupakan salah satu permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak maupun remaja di setiap daerah, Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (Research and Development)yaitu, menggunakan model Borg and Gall. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksud adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir dan Produksi Massal. Pengembangan produk pada penelitian ini, hanya dilakukan hingga langkah (8) yaitu ujicoba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukan bahwa desain media permainan Ulta perling menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 97,5%. Hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 89,5% sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran menunjukan kriteria sangat valid dengan presentase 85,9%. Selain itu, hasil ujicoba produk kelompok kecil pada 6 siswa kelas IV SDN 2 Lebak Bawean dengan presentase respon positif siswa sebanyak 93,3%. Sedangkan ujicoba kelompok besar dengan menggunakan 10 siswa kelas IV SDN 2 Lebak Bawean menunjukan presentase sebesar 98% . berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media permainan Ulta Perling dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.