KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 5 MALANG
Main Author: | INDRAJID, WIDO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37180/1/jiptummpp-gdl-widoindraj-51763-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37180/2/jiptummpp-gdl-widoindraj-51763-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37180/3/jiptummpp-gdl-widoindraj-51763-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37180/4/jiptummpp-gdl-widoindraj-51763-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37180/ |
Daftar Isi:
- Keterampilan menulis narasi merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa, melalui menulis narasi maka siswa dapat mengungkapkan perasaan, ide, gagasan. Menulis narasi merupakan media untuk berkomunikasi seseorang pada orang lain. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui keterampilan menulis narasi pada siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang dan 2) Untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan oleh peneliti untuk dapat menarik kesimpulan yaitu melalui proses reduksi, penyajian data dan penyimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan menulis narasi pada siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan dalam pengusaan menulis narasi. Hasil analisis dapat diartikan bahwa siswa memiliki pengusanaan yang baik mengenai kesesuaian isi dengan judul karangan narasi, kesesuaian kohesi dan koherensi tulisan narasi, kesesuaian ejaan dan tanda baca tulisan narasi, penokohan dalam karangan narasi yang ditulis, seting latar yang ditulis dalam karangan narasi dan kesesuaian alur cerita yang ditulis oleh siswa. Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 Malang dapat ditunjukkan dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru yaitu mengenai penetapan metode pembelajaran, dimana selama ini guru menggunakan metode proyek, latihan dan pembiasaan. Strategi yang dilakukan yaitu dengan memberikan strategi khusus yaitu dengan memberikan kelas tambahan untuk anak-anak yang mengalami kesulitan menulis cerita. Upaya selanjutnya aitu dengan menggunan media yaitu dengan menggunakan buku panduan, vidio cerita edukasi dan gambar-gambar hewan atau tumbuhan dilingkungan sekitar yang sering di jumpai anak secara langsung.