AKTIVITAS MEDIA RELATIONS LIPPO PLAZA BATU (Studi pada divisi Marketing Communication Lippo Plaza Batu)
Main Author: | Tanjung, Asfi Rosa Fitriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37063/1/jiptummpp-gdl-asfirosafi-50768-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37063/2/jiptummpp-gdl-asfirosafi-50768-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37063/3/jiptummpp-gdl-asfirosafi-50768-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37063/4/jiptummpp-gdl-asfirosafi-50768-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37063/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations yang dilakukan oleh marketing communication Lippo Plaza Batu. Menjalin hubungan baik dengan media sangat penting mengetahui media massa merupakan alat komunikasi yang efektif antara perusahaan dengan publik dimana opini publiklah yang berpengaruh dalam keuntungan perusahan secara materi. Dengan demikian peneliti tertarik untuk menganalisa bagaimana aktivitas media relations yang dilakukan oleh Lippo Plaza Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Unit analisis data penelitian ini adalah pernyataan dari dua subjek dari Lippo plaza Batu dan dua informan dari media melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data model Miles and Huberman dengan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisa data, peneliti menyimpulkan Marketing Communication Lippo Plaza Batu memanfaatkan kegiatan media relations sebagai media publikasi yang jujur, positif, dan apa adanya. Sasaran media yang dituju yaitu Koran, Radio, Televisi lokal, dan juga media sosial. Bentuk kegiatan media relations yang telah dilakukan yakni special event, press interview, melakukan kontak pribadi, memberikan pelayanan informasi, dan press release. Tahapan media relations saat sedang terjadinya krisis dengan mengidentifikasi krisis, menganalisis krisis, lalu menetapkan strategi menghadapi krisis dengan melakukan kompromi dan meluruskan kontra. Evaluasi media relations yang dilakukan oleh Lippo Plaza Batu yakni melakukan pendekatan personal antar perusahaan dengan instansi media dan meminta klarifikasi pemberitaan ulang jika media memberitakan Lippo Plaza Batu secara negatif dan tidak sesuai dengan wawancara.