PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA (Studi pada Pengguna iPhone di Universitas Muhammadiyah Malang)
Main Author: | PUTRIYANI, DINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/37060/1/jiptummpp-gdl-dinaputriy-50772-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/37060/2/jiptummpp-gdl-dinaputriy-50772-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/37060/3/jiptummpp-gdl-dinaputriy-50772-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37060/4/jiptummpp-gdl-dinaputriy-50772-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/37060/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pengguna iPhone di Universitas Muhammadiyah Malang. Tujuannya untuk 1) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh citra merek terhadap loyalitas pengguna, 2) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh persepsi kualitas produk terhadap loyalitas pengguna dan 3) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh citra merek dan persepsi kualitas produk terhadap loyalitas pengguna. Dalam penelitian ini mengambil fenomena dari dua merek smartphone yaitu Samsung dan Apple. Samsung yang lebih menguasai pasar, tetapi dalam hal loyalitas pengguna Samsung mudah berpindah ke merek smartphone Android lain dari pada pengguna smartphone Apple iPhone yang cenderung menunggu generasi terbaru dari Apple. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif jenis korelasi dengan analisis regresi linear berganda. Tipe penelitian menggunakan explanatory research dan menggunakan dasar penelitian survey. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang. Penarikan jumlah sebanyak 62 responden diperoleh dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data responden dengan cara menyebarkan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, uji f dan regresi linear berganda melalui SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap loyalitas pengguna dimana semakin tinggi citra merek yang dimiliki oleh produk iPhone maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas pengguna produk iPhone. Selanjutnya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada persepsi kualitas produk terhadap loyalitas. Dimana semakin baik persepsi konsumen dalam kualitas produk maka tingkat loyalitas pengguna iPhone akan semakin baik juga. Secara bersamaan citra merek dan persepsi kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna. Tingkat loyalitas pengguna dalam menggunakan produk iPhone dipengaruhi oleh citra merek dan persepsi kualitas produk. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengukur besaran pengaruh dari variabel-variabel tersebut melalui kajian ilmu komunikasi.