HUBUNGAN ANTARA TERPAAN DRAMA KOREA WEIGHTLIFTING FAIRY KIM BOK JOO DENGAN PERILAKU IMITASI PENONTON (Studi Pada Komunitas Korean Lovers di Malang)

Main Author: Tiarinanda, Larissa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/37049/1/jiptummpp-gdl-larissatia-50786-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37049/2/jiptummpp-gdl-larissatia-50786-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37049/3/jiptummpp-gdl-larissatia-50786-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37049/4/jiptummpp-gdl-larissatia-50786-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37049/
Daftar Isi:
  • Fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini adalah Hallyu atau Korean wave. Penelitian ini berawal dari peningkatan jumlah konten budaya populer Korea. Pesan yang ada di dalam cerita drama Korea disesuaikan dengan fenomena yang ada di masyarakat dengan alur yang mudah dipahami oleh penonton, terutama anak muda yang senang meniru segala hal karena mengikuti tren. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara terpaan drama Korea weightlifting fairy Kim Bok Joo dengan perilaku imitasi penonton (Komunitas Korean Addict) di Malang. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Komunitas Korean Addict di Malang. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi pearson product moment. Penelitian ini sesuai dengan Teori Uses and Gratification dari Dennis McQuail yakni memberikan suatu cara alternatif untuk memandang hubungan antara isi media dan audiens. Hasil penelitian yang didapat dari perhitungan statistik yaitu nilai r.Hitung = 0,672 > r.Tabel = 0,334. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain ada hubungan antara terpaan drama Korea weightlifting fairy Kim Bok Joo dengan perilaku imitasi penonton. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara terpaan drama Korea dengan perilaku imitasi penonton. Sesuai dengan pernyataan komunitas Korean Addict menyebutkan bahwa mereka sering menonton drama Korea sehingga menimbulkan perilaku imitasi yaitu memakai fashion ala Korea, memakai makeup ala Korea, mengikuti tren ala Korea dan juga terobsesi dengan segala hal tentang idol Korea.