Pengaruh Terpaan Jingle "Mana Lagi" Terhadap Ekuitas Merek Mc Donald's. Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Malang

Main Author: Anggraini, Siska Zulizah Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/37025/1/jiptummpp-gdl-siskazuliz-51213-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37025/2/jiptummpp-gdl-siskazuliz-51213-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37025/3/jiptummpp-gdl-siskazuliz-51213-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37025/4/jiptummpp-gdl-siskazuliz-51213-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/37025/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini didasarkan dengan adanya iklan Mc Donald's yang disertai dengan remake jingle Mana Lagi yang pernah populer pada era 90-an. Mc Donald's mengusung tema kebersamaan dalam rangka mengingatkan konsumen mengenai keistimewaan merek Mc Donald's selama 25 tahun di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan jingle Mana Lagi terhadap ekuisitas merek Mc Donald's. Terpaan Jingle Mana Lagi dalam penelitian ini di ukur melalui 4 indikator yaitu frekuensi terpaan, pengetahuan, ketertarikan, dan pemahaman. Sementara ekuitas merek diukur melalui 5 indikator yaitu aspek awareness, association, attitude, attachment, dan activity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dasar survey. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek yaitu dengan teknik Simple random Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas P-Plot, linearitas, serta analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian terhadap 89 Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013, dengan menetapkan taraf signifikansi sebesar 5% adalah diperoleh nilai t hitung sebesar 9,214> t tabel 1,666 maka terdapat pengaruh signifikan antara variabel terpaan jingle Mana Lagi terhadap variabel ekuitas merek Mc Donald's. Besarnya koefisian determinasi adalah sebesar 0,202 yang berarti jingle Mana Lagi memberikan pengaruh yang tergolong rendah yakni sebesar 20,2% terhadap ekuitas merek Mc Donald's. Pada uji regresi ditentukan persamaan Y= 22,148 + 0,982X, artinya setiap kenaikan variabel terpaan jingle Mana Lagi sebesar 1% dapat menaikkan nilai ekuitas merek Mc Donald's sebesar 0,982.