Daftar Isi:
  • Jaringan jalan raya sebagai prasarana transportasi darat memegang peranan penting dalam sektor perhubungan serta menunjang laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah di Indonesia. Jalan tol Mojokerto - Kertosono merupakan salah satu bagian jalan tol Trans Jawa yang saat ini belum selesai pembangunannya. Proyek jalan tol ini dibangun sepanjang 40,5 Km dengan menggunakan perkerasan kaku. Ada beberapa metode dalam perkerasan kaku diantaranya metode Bina Marga 2003 dengan tujuan untuk mengetahui ketebalan perkerasan lapisan kaku serta rencana anggaran biaya pada proyek jalan tol Mojokerto - Kertosono Seksi 2 (STA 5+000 - 24+900). Dalam perencanaan ini terlebih dahulu dengan pengumpulan data sekunder berupa data tanah, volume lalu-lintas harian rata-rata, data teknis jalan, dan standarisasi harga satuan yang mengacu pada ketentuan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan tebal perkerasan, untuk metode Bina 2003 didapatkan sebesar 200 mm dengan biaya Rp. 271,458,000,000.00 (Dua Ratus Tujuh Puluh Satu Milyar Empat Ratus Lima Puluh Delapan Juta Rupiah)