Daftar Isi:
  • Jembatan Kedung Galeng merupakan jembatan yang melintasi sungai Kedung Galeng, Kabupaten Probolinggo. Jembatan tersebut merupakan akses dari jaringan jalan Tol Tran Jawa yang menghubungkan ruas jalan Tol Gempol-Pasuruan dan Tol Pasuruan-Probolinggo dengan panjang jembatan 46 m dan lebar jembatan 25 m. Dalam tugas akhir ini direncanakan kembali jembatan sungai Kedung Galeng yang dimodifikasi dengan menggunakan konstruksi jembatan beton prategang Box Girder Multi-Cell. Pada tahap awal perencanaan dilakukan preliminary design untuk menentukan dimensi struktur utama penampang Box Girder Multi-Cell. Selanjutnya dilakukan perhitungan terhadap struktur sekunder jembatan seperti paraped dan pembatas (median) jalan yang akhirnya akan berpengaruh terhadap pembebanan struktur utama jembatan. Analisa pembebanan yang terjadi diantaranya akibat: berat sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, kemudian dari hasil analisa tersebut dilakukan kontrol tegangan akhir yang terjadi pada struktur utama jembatan, perhitungan penulangan konvensional, penulangan geser dan kontrol lendutan jembatan. Pada tahap konstruksi jembatan ini menggunakan metode menggantung (hanging) 23 segmen dan keseluruhan segmen ditegangkan (stressing) dengan 1100 strand baja prategang yang dibagi ke 50 tendon dengan tiap tendon berisi 22 strand baja prategang yang kemudian disebar ke 5 badan (web) Box Girder Multi-Cell. Hasil dari perhitungan kemudian dituangkan dalam bentuk gambar kerja jembatan Box Girder Multi-Cell.