Menyoal Kualifikasi dan Kompetensi Profesi Guru: Kegagalan LPTK atau Peluang?
Main Author: | Effendi, Moh. Mahfud |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pusat publikasi dan Penerbitan FKIP-UMM
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/36858/1/Peer%20Review%20-%20Effendi%20-%20Kualifikasi%20tenaga%20kependidikan.pdf http://eprints.umm.ac.id/36858/2/Similarity%20-%20Effendi%20-%20Kualifikasi%20tenaga%20kependidikan.pdf http://eprints.umm.ac.id/36858/3/Effendi%20-%20Kualifikasi%20tenaga%20kependidikan.pdf http://eprints.umm.ac.id/36858/ http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/5864 |
Daftar Isi:
- Kompetensi guru merupakan masalah mendasar dalam pendidikan. Banyaknya guru yang unqualified, underqualified, dan mismath merupakan masalah pemerintah dan LPTK yang harus segera diselesaikan. Kebijakan tentang peningkatan kualifikasi dan kompetensi profesi guru merupakan salah satu upaya pemerintah dalam perbaikan kualitas pendidikan. Guru menjadi ujung tombak pendidikan anak di sekolah. Oleh karena itu, harus disadari bahwa kualifikasi dan kompetensi guru menjadi taruhan dalam pengembangan SDM. Dengan demikian, kualifikasi dan kompetensi guru semakin lama semakin dituntut untuk memenuhi tuntutan profesionalisme dan kebutuhan global.