Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penguatan penguasaan konsepdasar matematika bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yangberkemampuan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Langkah-langkah penelitian ini meliputi: identifikasi masalah, penyusunan materi,pendalaman, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Matematika angkatan 2016 dengan IPK< 3,00. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah dokumentasi, tes, dan wawancara. Data dokumen digunakan untukmenyeleksi mahasiswa yang berkemampuan rendah. Data hasil tes dianalisis denganmenggunakan rubrik penguasaan konsep dasar matematika. Wawancara digunakanuntuk memperkuat informasi penguasaan konsep dasar matematika mahasiswa. Hasilidentifikasi masalah yang diperoleh yaitu konsep dasar matematika yang perludiperkuat adalah Logika Dasar dan Aljabar. Materi yang disusun mengacu pada silabus Logika Dasar dan Aljabar. Pendalaman dilaksanakan dilaksanakan denganmemberikan pre-test, penyampaian materi, dan post-test Logika Dasar dan Aljabardengan dua tutor dosen dan dibantu dua mahasiswa sebagai pendamping. Evaluasiyang diperoleh adalah terjadi peningkatan penguasaan konsep dasar matematika.