PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK UDARA BUMI (KODABU) DALAM MATERI PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Main Author: RAMADHAN, ADEBOBY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/36839/1/jiptummpp-gdl-adebobyram-51473-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36839/2/jiptummpp-gdl-adebobyram-51473-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36839/3/jiptummpp-gdl-adebobyram-51473-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36839/4/jiptummpp-gdl-adebobyram-51473-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36839/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran di sekolah menuntut peran aktif dan konstruksi dari para guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Penggunaan media atau alat peraga disadari oleh banyak praktisi pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran. materi pemanasan global ini merupakan salah satu materi yang bisa dibilang abstrak karena obyek atau proses pemanasan global tersebut tidak bisa dilihat secara kasat mata, Untuk mengamati proses pemanasan global yang terjadi di bumi secara langsung dibutuhkan alat-alat khusus dan hal ini sangat tidak dimungkinkan karena keterbatasan alat dan tidak efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media Kotak Udara Bumi (KODABU) dan menganalisis validitas dan efektifitas media Kotak Udara Bumi (KODABU) materi pemanasan global pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan menurut langkah-langkah Borg & Gall (1983) dilaksanakan sampai tujuh tahapan, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Untuk mengetahui validitas media pembelajaran dilakukan dengan cara pemberian angket kepada ahli materi dan media dan untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk media pembelajaran IPA atau biologi yang sudah melalui beberapa uji dan revisi dari para ahli dan siswa. Berdasarkan uji kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan siswa, media pembelajaran Kotak Udara Bumi (KODABU) dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan uji lapangan terbatas terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global yaitu dari rata-rata nilai pretest 52.6 meningkat menjadi 85.3 setelah menggunakan media (posttest).