Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor penduga seperti harga telur ayam ras, harga daging ayam, jumlah penduduk, pendapatan per kapita terhadap permintaan telur ayam ras di Indonesia. Metode peneltian yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program Eviews 9, SSPS, dan analisis Trend, menggunakan satu variabel terikat dan empat variebel bebas. Data yang digunakan berupa data time series dari tahun 1985 - 2015. Hasil analisis regresi menyimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat dengan nilai R2 sebesar 97%. Secara parsial variabel bebas harga telur ayam ras, harga daging ayam, pendapatan per kapita, dan jumlah penduduk berpengaruh nyata terhadap permintaan telur ayam ras di Indonesia. jumlah penduduk merupakan varibel bebas yang paling berpengaruh dingan nila R2 sebesar 90%. Prediksi permintaan telur ayam ras akan terus meningkat hingga tahun 2025 dengan pertumbuhan 1,53%.