Menguak Penyelesaian Masalah Matematika, Analisis Pendekatan Metakognitif dan Model Polya
Main Author: | In'am, Akhsanul |
---|---|
Format: | Patent NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/36759/1/Peer%20Review%20-%20In%E2%80%99am%20-%20Menguak%20Penyelesaian%20Masalah%20Matematika%20Analisis%20Pendekatan%20Metakognitif%20dan%20Model%20Polya.pdf http://eprints.umm.ac.id/36759/2/In%E2%80%99am%20-%20Menguak%20Penyelesaian%20Masalah%20Matematika%20Analisis%20Pendekatan%20Metakognitif%20dan%20Model%20Polya.pdf http://eprints.umm.ac.id/36759/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di Malang raya mengungkap bagaimana perspektif peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan ditinjau dari pendekatan metakognitif dan model Polya. Masing-masing pendekatan dalam menyelesaikan permasalahan terdiri dari empat aspek. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memahami dengan baik permasalahan yang hendak dicari penyelesaiannya. Namun terdapat satu aspek yang mayoritas menunjukkan adanya kelemahan ketika melaksanakan penyelesaian soal-soal. Aspek tersebut berkenaan dengan upaya untuk melihat kembali penyelesaian yang telah dilakukannya. Mayoritas peserta didik kurang melaksanakan pengecekan kembali hasil yang telah diperoleh. Memperhatikan yang demikian, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi peserta didik, hendaknya dalam kegiatan pembelajaran guru selalu mengingatkan agar melaksanakan peninjauan kembali setelah melakukan kegiatan apa saja, khususnya dalam menyelesaikan soal.