PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia)

Main Author: Pangestu, Angger Rilo Tio
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/36641/1/jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36641/2/jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36641/3/jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36641/4/jiptummpp-gdl-anggerrilo-50691-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36641/
Daftar Isi:
  • Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab yang dilakukan perusahaan akibat dari aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan, tanggung jawab tersebut meliputi tanggung jawab sosial, ekonomi, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengungkapan CSR terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sampel pada penelitian ini adalah 50 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah CSR (X) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas (Y) yang diproksikan dengan ROA, ROE, dan NPM. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA, ROE, dan NPM. CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai t hitung 4,387 pada tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 28,6%. CSR berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai t hitung 3,597 pada tingkat signifikansi 0,001 dan nilai koefisien determinasi sebesar 21,2%. CSR berpengaruh signifikan terhadap NPM dengan nilai t hitung 5,739 pada tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 40,7%.