PENGARUH MEDIA EXPOSURE, TIPE INDUSTRI, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI)

Main Author: Khoiriyah, Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/36518/1/jiptummpp-gdl-ikakhoiriy-49313-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36518/2/jiptummpp-gdl-ikakhoiriy-49313-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36518/3/jiptummpp-gdl-ikakhoiriy-49313-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36518/4/jiptummpp-gdl-ikakhoiriy-49313-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36518/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Media Exposure, tipe industri, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap carbon emission disclosure pada perusahaan di Indonesia. Pengukuran mengenai carbon emission disclosure yaitu dengan menggunakan checklist yang dikembangkan berdasarkan lembar permintaan informasi yang diberikan oleh carbon disclosure project. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sampai tahun 2016. Sampel dari penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 55 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Uji asumsi klasik dilakukan untuk analisis data dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Media Exposure, tipe industri, profitabilitas, dan leverage tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap carbon emission disclosure.