RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE UKM GS4 MALANG MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING
Daftar Isi:
- Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah usaha kecil dan menengah atau sering disebut UKM. Usaha kecil dan menengah Indonesia telah membuktikan perannya sebagai kontributor pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan membuktikan diri secara historis terhadap krisis. Namun, pemerintah sadar bahwa UKM di Indonesia belum siap dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan peraturan yang menyediakan fasilitas kemudahan impor bagi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah untuk mengembangkan produk-produk tujuan ekspor.. Namun dalam prosesnya, permasalahan yang sering dihadapi UKM adalah kesulitan dalam pemasaran produk. Sama seperti yang dialami oleh UKM GS4 Malang yang memproduksi furnitur berbahan dasar kayu. kesulitan di bidang pemasaran merupan kendala bagi UKM GS4 dalam mengembangkan usahanya. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan website e-commerce sebagai sarana pemasaran. Pada penelitian ini website e-commerce dibangun menggunakan metode prototyping agar dapat menyesuaikan kebutuhan user. Hasil pengujian yang dilakukan dengan metode black box dan User Acceptance Test menunjukkan bahwa website yang dibangun sesuai dengan kebutuhan klien dan semua fitur dapat berjalan dengan baik.