ANALISIS USABILITY TERHADAP SISTEM LECTIVE GEGULANG BERBASIS USE QUESTIONNAIRE
Daftar Isi:
- Sistem Lective Gegulang merupakan sebuah web yang menyediakan fitur-fitur untuk penyusunan Rencana Pembelajaran per Semester (RPS) dan Rencana Pembelajaran per Pertemuan (RPP). Sistem ini penting bagi dosen pengajar untuk menyusun salah satu aspek penting proses pembelajaran yaitu RPS dan RPP. Namun, belum ada penelitian yang mengukur tingkat usability dari Sistem Lective. Usability adalah salah satu aspek penting dalam kualitas perangkat lunak yang menunjukkan tingkat kemudahan dan efisiensi dalam penggunaan sistem. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah USE Questionnaire. Metode ini mencakup aspek tiga aspek pengukuran menurut International Standard Organization (ISO) yaitu efisiensi, efektivitas, dan kepuasan. Penelitian diawali dengan penyusunan instrumen penelitian, penyebaran kuisioner, dan analisis hasil kuisioner. Untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen, digunakan uji korelasi produk momen sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan menghitung nilai Cronbach’s Alpha. Selanjutnya dilakukan perhitungan usability. Berdasarkan hasil analisis, Sistem Lective Gegulang dinyatakan memiliki tingkat usability sebesar 72,8% yang termasuk kategori layak.