ANALISIS DATA PENDIDIKAN TINGGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN DATA MINING
Main Author: | Marthasari, Gita Indah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Manajemen Informatika Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/36342/1/Peer%20Review%20-%20Marthasari%20-%20Data%20mining%20Association%20Rule%20Mining%20Algoritma%20apriori%20keaktifan%20siswa.pdf http://eprints.umm.ac.id/36342/2/Similarity%20-%20Marthasari%20-%20Data%20mining%20Association%20Rule%20Mining%20Algoritma%20apriori%20keaktifan%20siswa.pdf http://eprints.umm.ac.id/36342/3/Marthasari%20-%20Data%20mining%20Association%20Rule%20Mining%20Algoritma%20apriori%20keaktifan%20siswa.pdf http://eprints.umm.ac.id/36342/ http://journal.trunojoyo.ac.id/simantec/article/view/2386 |
Daftar Isi:
- Data mining untuk pendidikan menekankan pada pemanfaatan metode untuk menemukan pengetahuan dari data di lingkungan pendidikan. Bidang ini menggunakan mekanisme transformasi atau inovasi dari pendekatan yang diturunkan dari ilmu statistik, pembelajaran mesin, psikometrik, dan komputasi ilmiah. Penelitian ini mengusulkan sebuah analisis terhadap status keaktifan siswa menggunakan salah satu teknik data mining yaitu association rule mining (ARM). Teknik ARM bertujuan menemukan pola-pola yang merepresentasikan informasi bernilai tinggi bagi para pengambil keputusan di perguruan tinggi. Salah satu algoritma yang umum digunakan dalam ARM adalah Apriori. Algoritma Apriori digunakan untuk mencari aturan-aturan asosiasi yang menarik dari basis data dalam rangka mengekstraksi pengetahuan dari data profil dan data akademik siswa. Aturan-aturan yang ditemukan selanjutnya dianalisis sebagai bahan rekomendasi bagi para pengelola akademik untuk meningkatkan kualitas proses pengambilan keputusan. Selain itu, hasil analisis dapat menjadi acuan bagi arah kurikulum yang mampu memperbaiki kualitas pembelajaran siswa. Uji coba dilakukan dengan melakukan pengaturan terhadap parameter nilai minimal support dan minimal confidence. Berdasarkan hasil analisis diperoleh pengetahuan antara lain adanya hubungan kuat antara asal sekolah mahasiswa dan pekerjaan orang tua terhadap tingkat keaktifan. Selain itu, juga diperoleh pengetahuan tentang nilai minimal mahasiswa tiap semesternya untuk tetap aktif di semester selanjutnya.