IMPLEMENTASI KAMPANYE HE FOR SHE DALAM MENYIKAPI KEKERASAN SEKSUAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERUBAHAN POLA PIKIR PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI MEKSIKO

Main Author: AYUNINGTIYAS, ALFIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/36164/1/jiptummpp-gdl-alfinayuni-49048-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36164/2/jiptummpp-gdl-alfinayuni-49048-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36164/3/jiptummpp-gdl-alfinayuni-49048-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36164/4/jiptummpp-gdl-alfinayuni-49048-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/36164/
Daftar Isi:
  • Meksiko merupakan salah satu negara dengan tingkat kekerasan seksual yang tinggi. Kekerasan seksual ini menempatkan perempuan Meksiko sebagai korbannya. Kekerasan seksual ini terjadi karena adanya budaya machismo dan a culture of silence yang berkembang di Meksiko. Menanggapi hal tersebut, Meksiko menjadi negara pertama yang bergabung dan berkomitmen dengan kampanye He for She. Penelitian ini melihat alasan laki-laki Meksiko melakukan kekerasan seksual terhadap perempuan Meksiko menggunakan konsep machismo dan melihat bagaimana implementasi kampanye He for She terhadap perubahan pola pikir perempuan dan laki-laki Meksiko dalam menyikapi kekerasan seksual menggunakan teori posfeminisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui library research. Implementasi kampanye He for She terhadap perubahan pola pikir perempuan dan laki-laki Meksiko terdiri dari tujuh implementasi. Ketujuh implementasi ini terdiri dari, CD Magos LimonÂ’s He for She Music, Step it up for Gender Equality Media Compact, WomenÂ’s Justice Center, Peluit di transportasi umum, Safe Cities and Safe Public Spaces for Women and Girls, Vive Segura, dan video #NostrosPorEllas en Mexico. Keberhasilan dari implementasi ini memberikan dampak pada perubahan pola pikir perempuan dan laki-laki Meksiko.