Daftar Isi:
  • Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan tingkat I seharusnya dapat memberikan pelayanan dengan baik. Banyaknya keluhan terhadap pelayanan masyarakat menuntut UPT. Puskesmas Kanigaran untuk mengukur kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada para penggunanya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepuasan para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan para penggunanya dan meningkatkan atribut-atribut yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki. Metode Servqual merupakan pemilihan skala yang ringkas namun memiliki tingkat dan kebenaran yang cukup tinggi yang dapat digunakan untuk mengetahui persepsi dan harapan para pengguna akan pelayanan yang diberikan. Model Kano adalah model yang bertujuan mengategorikan atribut-atribut berdasarkan seberapa baik kualitas pelayanan mampu memuaskan kebutuhan para pengguna. Hasil penelitian berdasarkan integrasi servqual dan kano menunjukkan kepuasan para pengguna pada keseluruhan atribut layanan tidak memuaskan. Atribut layanan yang memiliki nilai servqual negatif tertinggi adalah pelayanan pengobatan dilakukan secara cepat yang termasuk kategori one dimensional.