PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI PENDEKATAN CITIZEN CHARTER di UPTD KESEHATAN KECAMATAN KEPANJENKIDUL KOTA BLITAR (Studi Pada Puskesmas Tanggung Kota Blitar)

Main Author: RAHAYU, EKA APRILIA SETIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35916/1/jiptummpp-gdl-ekaaprilia-49115-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35916/2/jiptummpp-gdl-ekaaprilia-49115-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35916/3/jiptummpp-gdl-ekaaprilia-49115-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35916/4/jiptummpp-gdl-ekaaprilia-49115-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35916/
Daftar Isi:
  • Citizen Charter atau kontrak pelayanan publik adalah strategi baru dalam menyediakan layanan untuk mencapai nilai-nilai partisipatif, akuntabel, transparan dan kolaboratif dalam pelayanan publik. Kita tahu bahwa pelaksanaan kontrak pelayanan publik di Indonesia tidak dipahami oleh pembuat kebijakan lokal belum. Tapi, banyak pemerintah daerah telah berhasil menerapkan kontrak pelayanan publik. Berarti bahwa kontrak pelayanan publik dapat menjadi alat untuk menciptakan pelayanan publik Mekanisme yang lebih baik dan dapat menjadi alat untuk mereformasi masyarakat birokrasi di Indonesia. Citizen Charter menurut gagasan tata pemerintahan yang baik, sehingga prinsip-prinsip tata kelola yang berkolaborasi tiga sektor pelayanan publik, seperti pemerintah daerah, sektor swasta dan masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang didapat adalah sumber primer yaitu diperoleh secara langsung dari narasumber dan sekunder yang diperoleh melalui dokumen-dokumen, arsip, artikel, dan buku terkait serta peraturan dan internet. Subyek penelitian ini adalah pegawai Puskesmas Tanggung Kota Blitar. Penelitian ini berlokasi di Puskesmas Tanggung yang berada di jalan Ciliwung, dan penelitian ini dilaksanakan pada rentang bulan Februari hingga April. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubermas yaitu mulai dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur pelayanan di Puskesmas Tanggung Kota Blitar memudahkan pasien dalam mengakses informasi. Visi dan Misi dipahami bahwa Puskesmas memiliki visi terwujudnya pelayanan kesehatan dasar yang ramah, profesional dan partisipatif untuk mencapai masyarakat sehat, sedangkan misi puskesmas mewujudkan pelayanan kesehatan dasar yang transparan dan profesional , mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat serta membangun citra pelayanan dengan memperlakukan pengguna layanan sebagai pusat perhatian. Standart pelayanan disini mengambarkan jam kerja per poli dan pelayanan di UGD dan rawat inap, alur pelayanan yang berisi tentang unit atau bagian yang harus dilalui bila akan mengurus sesuatu. Selain hal diatas masih ada unit pengaduan masyarakat yang dilihat dari indeks kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas Tanggung dan Survey pengguna layanan disini adalah adanya hubungan baik dan tingkat kepercayaan pengguna terhadap penyedia layanan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelayanan di puskesmas tersebut sudah baik , para pegawai dan petugas pelayanan di puskesmas Tanggung sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan standar pelayanan yang dimiliki oleh Puskesmas. Para pegawai memberikan