Daftar Isi:
  • Penguasaan kosakata adalah salah satu komponen yang terhubung dengan empat kemampuan, berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Sementara itu, pemahaman membaca adalah proses komplek yang melibatkan kemampuan pembaca untuk menemukan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan keobjektifan korelasi antara penguasaan kosa kata dan pemahaman membaca dari siswa kelas delapan di MTs Negeri Batu. Populasi dari data ini adalah siswa kelas delapan di MTs Negeri Batu dan 36 siswa dari kelas D menjadi objek. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menganalisa dan menggunakan PearsonÂ’s Product Moment untuk menghitung. Instrument penelitian berupa test. Masing masing test berisi 25 soal pilihan ganda. Berdasarkan data diatas, nilai mean dari penguasaan kosa kata adalah 71 dan pemahaman membaca adalah 83. Hasil dari penghitungan hubungan korelasi = +48. Nilai kritis dari rumus r Pearson dengan tingkat signifikan 5% adalah 0.32 dan tingkat signifikan 1% adalah 0.42 dengan derajat kebebasan adalah 34. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai kritis Pearson (tabel r). Oleh karena itu, hipotesis yang mengatakan bahwa ada hubungan korelasi yang signifikan antara penguasaan kosa kata dan pemahaman dalam membaca murid kelas VIII di MTs Negeri Batu di terima.