PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERIA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS DAUR HIDUP PADA HEWAN KELAS IV SD
Main Author: | NADIA, UMI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35646/1/jiptummpp-gdl-uminadia-49080-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35646/2/jiptummpp-gdl-uminadia-49080-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35646/3/jiptummpp-gdl-uminadia-49080-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35646/4/jiptummpp-gdl-uminadia-49080-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35646/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran IPA materi siklus daur hidup pada hewan kelas IV di SDN Arjosari 03 Kec Kalipare sehingga perlu dikembangan media komik ceria mata pelajaran IPA materi siklus daur hidup pada hewan sebagai media penujang pembelajaran IPA kelas IV. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media komik ceria mata pelajaran IPA materi siklus daur hudup pada hewan kelas IV dan menguji kelayakannya agar tercipta proses pembelajaran yang maksimal. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian yang menggunakan model pengemangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiono. Model ini terdiri dari sepuluh tahap pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir dan produksi massal, namun dalam penelitian ini berhenti sampai tahap ke sembilan yaitu revisi produk tahap akhir dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya dalam pelaksanaanya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016 di SDN Arjosari 03 Kec Kalipare. Jumlah responden pada uji coba kelompok kecil adalah 6 siswa sedangkan pada uji coba kelompok besar ber jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media memperoleh presentase skor sebesar 85 %, penilaian dari ahli materi memperoleh presentase 87 %. Pada uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 91 % dan untuk hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor sebesar 92 % keseluruhan hasil tersebut masuk dalam kategori sangat layak. Penggunaan media komik ceria mata pelajaran IPA materi siklus daur hidup pada hewan sangat menarik dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga materi siklus daur hidup pada hewan lebih mudah dipahami oleh siswa.