ANALISIS KESALAHAN MENULIS BAHASA NGOKO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA KELAS III DI SDN JATIMULYO 1 MALANG
Main Author: | AYUNINGTYAS, TITIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35645/1/jiptummpp-gdl-titisayuni-49081-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35645/2/jiptummpp-gdl-titisayuni-49081-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35645/3/jiptummpp-gdl-trirahayu-49339-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35645/4/jiptummpp-gdl-titisayuni-49081-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35645/ |
Daftar Isi:
- Pada kenyataannya bahwa di SDN Jatimulyo 1 Malang belum bisa menulis bahasa Jawa Ngoko dengan benar. Siswa masih sering salah ketika memilih kata ngoko lugu dan ngoko alus dalam penulisan karangan siswa, kesalahan tersebut berupa kesalahan pada penulisan bunyi dan penulisan kata. Oleh kareana itu, perlu dilakukan “Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Ngoko dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas III di SDN Jatimulyo 1 Malang”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan analisis kesalahan menulis bahasa ngoko dalam penulisan bunyi pada pembelajaran bahasa Jawa di SDN Jatimulyo I Malang dan (2) mendiskripsikan analisis kesalahan menulis bahasa ngoko dalam penulisan kata pada pembelajaran bahasa Jawa di SDN Jatimulyo I Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh dari Guru Kelas dan Siswa kelas III SDN Jatimulyo 1 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Wawancara dan Dokumentasi. Analiss data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesalahan Penulisan pada Bunyi yang dilakukan oleh siswa adalah (a) kesalahan penulisan vokal sebesar 12,50% dengan jumlah kesalahan 96 kesalahan, (b) kesalahan penulisan konsonan dan gabungan huruf konsonan sebesar 14,20% dengan jumlah kesalahan 28 kesalahan.. (2) Kesalahan Penulisan pada Kata yang dilakukan oleh siswa adalah (a) kesalahan kata turunan sebesar 100% dengan jumlah kesalahan 1 kesalahan, (b) kesalahan angka dan lambang bilangan sebesar 50% dengan jumlah kesalahan 4 kesalahan.