ANALISIS METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN TEGALGONDO MALANG
Main Author: | AUFIANTI, RINTIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35643/1/jiptummpp-gdl-rintisaufi-49082-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35643/2/jiptummpp-gdl-rintisaufi-49082-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35643/3/jiptummpp-gdl-rintisaufi-49082-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35643/4/jiptummpp-gdl-rintisaufi-49082-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35643/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi di lapangan pada materi menulis karangan diskripsi di kelas IV SDN Tegalgondo Malang permasalahannya siswa masih belum dapat mengembangkan ide yang dimilikinya karena masih rendahnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa dan rata-rata siswa masih menggunakan bahasa yang tidak baku dalam menulis karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Mind Mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi kelas IV di SDN Tegalgondo Malang, dan mengungkapkan proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran keterampilan menulis di SDN Tegalgondo Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dan informan peneliti adalah guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Pemilihan SDN Tegalgondo Malang sebagai lokasi penelitian di dasarkan bahwa SD ini telah menggunakan metode Mind Mapping dalam keterampilan menulis karangan deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data kualitatif yang meliputi memfokuskan data, analisis data, dan menuliskan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang disusun guru sebelum mengajar telah sesuai dengan komponen pembuatan RPP dengan mencantumkan Standart Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan sumber belajar, langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan penilaian. Langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun guru telah sesuai dengan langkah-langkah metode Mind Mapping.(2)Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan metode Mind Mapping dapat mendukung penguasaan siswa dalam menulis karangan deskripsi dan dapat meningkatkan perbendaharaan yang dimiliki siswa dalam menulis karangan deskripsi.(3)pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping sudah berjalan dengan baik, dengan tolak ukur hasil evaluasi peserta didik keseluruhan diatas nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).