PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN DERMO BENJENG GRESIK

Main Author: UTAMI, RINDA EVA YENNY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35642/1/jiptummpp-gdl-rindaevaye-49083-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35642/2/jiptummpp-gdl-rindaevaye-49083-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35642/3/jiptummpp-gdl-rindaevaye-49083-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35642/4/jiptummpp-gdl-rindaevaye-49083-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35642/
Daftar Isi:
  • Pada kenyataan di lapangan bahwa nilai dari hasil pembelajaran matematika masih sangat rendah, hanya 27% siswa yang nilainya mencapai KKM. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang terlalu monoton hanya dengan menggunakan ceramah dan penugasan. Penggunaan model pembelajaran akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga perlu adanya upaya peningkatan menggunakan model pembelajran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Dermo Benjeng Gresik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas V SDN Dermo Benjeng Gresik, tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan pada akhir bulan Maret 2017. Pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengumpulan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahapan, yaitu tahap pra tindakan dan tahapan tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan data hasil belajar siswa, sedangkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap perencanaaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi pada siklus I, yang kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan tahapan yang sama. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah menggalami peningkatan sehingga penelitian diberhentikan. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan nilai akhir tindakan mencapai ketuntasan sebesar 83,3% dan hanya tiga siswa yang belum mencapai ketuntasan. Tidak hanya itu aktifitas guru dan juga siswa pada kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan persentasi aktifitas guru sebesar 91,67% dan siswa 83,39%.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktifitas guru, dan aktifitas siswa pada siswa kelas V SDN Dermo Benjeng Gresik.