PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN TIRTOYUDO KABUPATEN MALANG

Main Author: Rahmawati, Ovilia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35641/1/jiptummpp-gdl-oviliarahm-49084-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35641/2/jiptummpp-gdl-oviliarahm-49084-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35641/3/jiptummpp-gdl-oviliarahm-49084-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35641/4/jiptummpp-gdl-oviliarahm-49084-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35641/
Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran, matematika merupakan salah satu ilmu yang memegang peranan penting terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang lain. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar, dewasa ini telah berkembang amat pesat, baik materi maupun kegunaannya. Sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya suatu model pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran yang paling sederhana dan paling mudah diterapkan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif STAD dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Tirtoyudo Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dan menggunakan desain Penilitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan di SDN Tirtoyudo 02 Kabupaten Malang Jalan Raya Tlogosari, Desa Tirtoyudo Kabupaten Malang, pada siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 14 perempuan dan 18 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa pada siklus II sudah mencapai ketuntasan sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai dari presentase ketuntasan klasikal kreatifitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Untuk mengetahui peningkatan rata- rata dan presentase ketuntasan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Tirtoyudo Kabupaten Malang tahap siklus I dan siklus II dapat dilihat nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 77 % menjadi 85 % pada siklus II, peningkatan yang terjadi sebesar 8%. Sedangkan untuk presentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada tahap siklus I sebesar 31,25% menjadi 62,5% pada siklus II, peningkatan yang terjadi sebesar 31,25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar siswa pada siklus II sudah mencapai ketuntasan sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.