PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DAN STRATEGI GROUP RESUME PADA MATERI SEJARAH PERADABAN DI INDONESIAPADA SISWA KELAS 5 SDN TORONGREJO 1 BATU

Main Author: Safitri, Siska Wahyuning
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35630/1/jiptummpp-gdl-siskawahyu-49344-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35630/2/jiptummpp-gdl-siskawahyu-49344-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35630/3/jiptummpp-gdl-siskawahyu-49344-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35630/4/jiptummpp-gdl-siskawahyu-49344-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35630/
Daftar Isi:
  • Pada kenyataan bahwa hasil belajar siswa terhadap materi IPS yaitu pada materi sejarah di SDN Torongrejo 1 Batu khususnya pada kelas 5 hasil belajar masih sangatlah rendah sehingga perlu upaya peningkatan melalui model jigsaw dan strategi group resume. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model jigsaw dan strategi group resume untuk materi sejarah peradaban di Indonesia pada kelas V SDN TORONGREJO 1 BATU dan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan model jigsaw dan strategi group resume untuk materi sejarah peradapan di Indonesia pada kelas V SDN TORONGREJO 1 BATU. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu PTK ( Penelitian Tindkan Kelas ) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari guru kelas dan siswa kelas 1 SDN Torongrejo 1 Batu yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei, observasi, dokumentasi dan tes.Tahap tindakan dilakukan dalam dua siklus masing masing terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukan (1) Bagaimana proses pembelajaran IPS dengan menggunakan model jigsaw dan strategi group resume untuk materi sejarah peradapan di Indonesia pada kelas V SDN Torongrejo 1 Batu berdampak positif yaitu membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 7 sejarah peradapan di Indonesia. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan model jigsaw dan strategi group resume untuk materi sejarah peradapan di Indonesia pada kelas V SDN Torongrejo 1 Batu hal ini ditunjukan dengan nilai siswa yang mencapai 85.18% dan hanya 4 siswa yang belum mencapai KKM. Hasil penelitian ini , model jigsaw dan strategi group resume disarankan untuk dipergunakan sebagai acuan dalam penyusunan program pengajaran dalam bimbingan belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa