Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Cerita Pendek di Kelas V SDN 1 Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah
Main Author: | Yuda, Marta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35622/1/jiptummpp-gdl-martayuda-49354-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35622/2/jiptummpp-gdl-martayuda-49354-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35622/3/jiptummpp-gdl-martayuda-49354-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35622/4/jiptummpp-gdl-martayuda-49354-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35622/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini ialah hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang rendah, penggunaan media pembelajaran yang kurang sehingga perlu dilakukannya peningkatan hasil belajar agar mencapai KKM yang ditetapkan. Sehingga tujuan dari penelitian ini ialah: (1)Mendeskripsikan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran bahasa Indonesia materi menyimak cerita pendek di kelas V SDN I Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, dan (2)Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar belajar siswa dengan penggunaan media audio visual pada pelajaran bahasa Indonesia materi menyimak cerita pendek di kelas V SDN I Kawo Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus melalui tahao perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN I Kawo. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media audiovisual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN I Kawo dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus II yaitu mencapai 99%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio-visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia Materi Menyimak cerita pendek dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan agar guru di SDN I kawo dapat dijadikan bahan rekomendasi untuk menerapkan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa