PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKS BERBASIS MODEL QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Author: | HASANAH, LAILATUL NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35621/1/jiptummpp-gdl-lailatulnu-49355-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35621/2/jiptummpp-gdl-lailatulnu-49355-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35621/3/jiptummpp-gdl-lailatulnu-49355-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35621/4/jiptummpp-gdl-lailatulnu-49355-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35621/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan bahan ajar di kelas IV SDN Sumbersari 02 Kota Malang masih menggunakan bahan ajar LKS dengan jenis LKS tertutup dan masih membutuhkan bantuan guru dalam pengerjaanya sehingga berpengaruh terhadap motivasi dan minat siswa pada pembelajaran tematik. Maka dari itu perlu diberikan sebuah bahan ajar yang inovatif dengan model tertentu yang mampu meningkatkan motivasi dan memudahkan siswa dalam memahami materi melalui bahan ajar LKS karena LKS merupakan bahan ajar yang mampu menuntut siswa untuk melakukan suatu kegiatan secara nyata. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar LKS berbasis model Quantum Learning yang layak digunakan dan mengukur respon siswa terhadap bahan ajar tersebut.Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Cunningham yang terdiri dari 10 langkah namun dibatasi hanya sampai 7 langkah yaitu 1) Pengumpulan informasi awal 2) Perencanaan 3) Pengembangan bentuk awal 4) Uji coba skal kecil 5) Revisi Produk 6) Uji coba terbatas 7) Revisi Produk dikarenakan tujuh langkah tersebut sudah masuk pada inti dari penelitian pengembangan dan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian hanya mampu pada skala kecil. Uji coba produk dilakukan di kelas IV SDN Sumbersari 02 Kota Malang dengan jumlah subjek uji coba skala kecil 6 siswa dan uji coba skala terbatas sejumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli bahan ajar sebesar 98,6 % dengan kategori sangat layak, 72,7 % penilaian dari ahli materi dengan kaetgori layak dan 75 % penilaian dari ahli pembelajaran dengan kategori layak. Sedangkan untuk respon siswa diperoleh presentase sebesar 92,4 % pada uji coba skala kecil dapat diartikan bahwa respon siswa sangat baik dan pada uji skala terbatas menunjukkan presentase sebesar 91,2 % maka dapat diartikan bahwa respon siswa sangat baik terhadap penggunaan bahan ajar dan bahan ajar LKS berbasis model Quantum Learning layak digunakan dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.