MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT PADA SISWA KELAS IV SDN PAKIS JAJAR 1
Main Author: | RATNASARI, INTAN KUSFITRIAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35620/1/jiptummpp-gdl-intankusfi-49358-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35620/2/jiptummpp-gdl-intankusfi-49358-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35620/3/jiptummpp-gdl-intankusfi-49358-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35620/4/jiptummpp-gdl-intankusfi-49358-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35620/ |
Daftar Isi:
- Pada kenyataan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPS masih sangat kurang, serta media yang digunakan dalam pembelajaran masih sangat kurang di SDN Pakis Jajar 1, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui pemanfaat media pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) penerapan media Interaktif Berbasis power Point pada siswa kelas IV SDN Pakis Jajar 1 dan (2) peningkatan hasil belaja IPS dengan menggunakan Media Interaktif berbasis Power Pont pada siswa kelas IV SDN Pakis Jajar 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas IV SDN Pakis Jajar 1 Tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 siswa. penelitian dilakukan pada bulan April 2017 dalam 3 tahap yaitu pra tindakandan tahap tindakan. Tahap pra tindakan dilakukan dengan pengambilan hasil evaluasi awal sebelum tindakan, sedngkan tahap tindakan dilakukan oleh peneliti dalam dua tahap yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa menunjukan ketuntasan klasikal sebesar 78,04% serta peningkatan nilai aktivitas siswa yang dibuktikan dengan keaktifan siswa pada siklus 1 sebesar 69,75% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu 79,26%/ Hasil penelitian ini, media Interaktif Berbasis Power Point disarankan untuk digunakan sebagai acuan dalam program penyusunan program pengajaran dan bimbingan belajar serta mengembangkan media pembelajaran lain yang dapat menndukung keberhasilan pembelajaran.