Daftar Isi:
  • Pada observasi yang dilakukan bahwa di SD Negeri Bululawang 01 Blitar kesalahan siswa pada berhitung penjumlahan masih sering terjadi, sehingga perlu adanya analisis tentang jenis kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada berhitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis kesalahan berhitung penjumlahan yang dilakukan oleh siswa kelas 1, dan (2) faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam berhitung penjumlahan pada siswa kelas 1 SDN Bululawang 01 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Sumber data diperoleh dari Guru Kelas dan siswa kelas 1 SD Negeri Bululawang 01 Blitar yang berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis kesalahan berhitung penjumlahan yang dilakukan oleh siswa adalah a) jenis kesalahan pada simbol penjumlahan b) jenis kesalahan pada nilai tempat c) jenis kesalahan pada penggunaan proses yang salah. (2) Faktor penyebab siswa mengalami kesalahan dalam berhitung penjumlahan adalah a) sikap siswa yang dapat menyebabkan kurang percaya diri b) lamban dalam bahasa yang dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam berhitung penjumlahan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa siswa kelas 1 masih banyak yang melakukan kesalahan dalam berhitung penjumlahan, dikarenakan sebagian besar siswa sering berbicara dengan temannya sehingga menggangggu siswa yang lain pada saat pembelajaran di kelas.