PENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA “BUMA” SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG
Main Author: | OKTAVIA, ANI ARINTA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35606/1/jiptummpp-gdl-aniarintao-49422-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35606/2/jiptummpp-gdl-aniarintao-49422-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35606/3/jiptummpp-gdl-aniarintao-49422-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35606/4/jiptummpp-gdl-aniarintao-49422-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35606/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi menulis karangan, banyak siswa mengeluhkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia membosankan. Hasil belajar bahasa Indonesia masih belum memenuhi KKM 7,00, 10 siswa masih belum tuntas KKM dan 12 siswa sudah tuntas KKM. Peneliti ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan, kelas V Semester II, dengan menggunakan media Bungkus Makanan (BUMA) di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang, dan (2) mengetahui peningkatan kreativtas siswa dalam menulis karangan dengan menggunakan media “BUMA”. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau Malang sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan hasil karya karangan deskripsi siswa, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi menggunkan media Bungkus Makanan (BUMA) dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) siswa diberikan penjelasan mengenai fungsi dan manfaat media (BUMA), (2) siswa diminta untuk membedakan media Bungkus Makanan (BUMA), (3) siswa memilih media BUMA yang akan digunakan untuk menulis karangan deskripsi. Peningkatan kreativitas peserta didik dapat diketahui dari hasil observasi yang dilaksanakan pada hasil karangan siswa yang dilakukan pada siklus I dan Siklus II menunjukan penigkatan skor rata-rata kreativitas peserta didik dari 56,7% pada siklus I sedangkan pada siklus II menjadi 77,3%. Kesimpulan penelitian yang telah dilakukan, yaitu: secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media Bungkus Makanan (BUMA) dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Dari hasil penelitian, disarankan untuk guru dapat menggunakan media Bungkus Makanan (BUMA) sesuai dengan langkah-langkahnya.