ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR PADA GURU TIDAK TETAP DI SDN GADING KULON 02 DAU MALANG
Main Author: | SARI, NITA PURNAMA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/35602/1/jiptummpp-gdl-nitapurnam-49781-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/35602/2/jiptummpp-gdl-nitapurnam-49781-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/35602/3/jiptummpp-gdl-nitapurnam-49781-3-babii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35602/4/jiptummpp-gdl-nitapurnam-49781-4-babiii.pdf http://eprints.umm.ac.id/35602/ |
Daftar Isi:
- Keterampilan mengajar merupakan suatu keterampilan yang harus dimiliki guru dalam proses pembelajaran. Keterampilan mengajar merupakan kompetensi pedagogik yang merupakan kompetensi guru yang berkenaan dengan kemampuan mengelola pembelajaran yang secara utuh dan menyeluruh. Guru sangat dominan terhadap pencapaian belajar siswa dan untuk itu diperlukan sosok guru yang mempunyai kualifikasi, kompetensi, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas profesionalnya. Keberhasilan mengajar akan tergantung pada bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan salah satunya yaitu dengan menerapkan keterampilan mengajar. Guru tidak tetap di SDN Gading Kulon 02 Dau Malang dalam melaksanakan pembelajarannya dituntut untuk dapat menerapkan keterampilan mengajar dengan baik agar tercapainya pendidikan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar pada guru tidak tetap di SDN Gading kulon 02 Dau Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan di SDN Gading Kulon 02 Dau Malang dalam waktu yang berbeda. Subjek penelitian ini adalah guru tidak tetap di SDN Gading kulon 02 Dau Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa (1) keterampilan bertanya sudah diterapkan oleh guru tidak tetap dengan memberikan pertanyaan tingkat dasar. (2) keterampilan mengadakan variasi sudah diterapkan oleh guru tidak tetap dengan variasi gaya mengajar, penggunaan media, suara dan pola interaksi. (3) keterampilan memberi penguatan sudah diterapkan oleh guru tidak tetap dengan memberikan penguatan verbal dan non verbal. (4) keterampilan menjelaskan sudah diterapkan oleh guru tidak tetap dengan menyampaikan informasi yang jelas. (5) keterampilan membuka dan menutup pelajaran sudah diterapkan oleh guru tidak tetap dengan memberikan acuan dan membuata kaitan, serta meninjau kembali dan mengevaluasi. (6) keterampilan membimbing diskusi kelompok sudah diterapkan oleh guru tidak tetap dengan memusatkan peerhatian siswa, memperjelas pendapat siswa dan menutup diskusi.