PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI SUMBERSEKAR 01 DAU MALANG

Main Author: YULISTIANA, IKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/35595/1/jiptummpp-gdl-ikayulisti-49797-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35595/2/jiptummpp-gdl-ikayulisti-49797-2-bab1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35595/3/jiptummpp-gdl-ikayulisti-49797-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35595/4/jiptummpp-gdl-ikayulisti-49797-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35595/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersekar 01 Dau Malang terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Matematika kelas III SDN Sumbersekar 01 Dau Malang, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran Matematika kelas III SDN Sumbersekar 01 Dau Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu tentang penerapan model pembelajaran serta peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian yaitu kelas III yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Yang ditandai dengan rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 62 % yang berkategori baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 75% yang berkategori sangat baik. Dan untuk hasil belajar siswa ditandai dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,4, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 56% pada siklus I. Sedangkan untuk siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,8 dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,2 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 80%, karena adanya peningkatan sebesar 24%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopeartif tipe jigsaw meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas III SDN Sumbersekar 01 Dau Malang.